RSS

KATA MUTIARA

“Wasiat Nabi Muhammad saw. kepada Ali ibn Abi Thalib; Wahai Ali, bagi orang mukmin ada tiga tAnda-tAndanya: 1. Hatinya tidak terpaut pada harta benda duniawi 2. Tidak terpesona pada bujuk rayu wanita 3. Benci pada omong kosong dan perkataan sia-sia. Wahai Ali, bagi orang alim ada tiga tAnda-tAndanya: 1. Jujur dalam berkata-kata 2. Menjauhi segala yang haram 3. merendahkan diri. Wahai Ali, bagi orang takwa ada tiga tAnda-tAndanya: 1. Takut berlaku dusta dan keji 2. Menjauhi kejahatan 3. Memohon yang halal karena takut jatuh dalam hal yang haram. Wahai Ali, bagi orang yang jujur ada tiga tAnda-tAndanya: 1. Merahasiakan ibadahnya 2. Merahasiakan sedekahnya 3. Merahasiakan musibah yang menimpanya. Wahai Ali, bagi ahli ibadah ada tiga tAnda-tAndanya: 1. Mengawasi dirinya 2. Menghisab dirinya 3. Memperbanyak ibadah kepada Allah.”


“Bahagialah orang yang selalu rendah hati pada tiap kesempatan, tetapi dirinya tidak merasa terhina. Bahagia pula orang yang merasa menghinakan diri, berlaku sederhana walau dirinya bukan orang miskin. Bahagialah orang yang mau mengeluarkan sebagian harta yang dikumpulkannya tidak bertujuan maksiat dan bahagialah orang yang pandai bergaul dengan ahli hikmah serta tidak canggung-canggung mendekatkan diri kepada orang miskin.” (Muhammad saw.)


“Kekuatan manusia yang paling dahsyat bukan terletak pada kepalan tangannya, tapi pada kedua lututnya. Keperkasaan manusia yang paling mengagumkan bukan terletak pada keberaniannya, tapi pada kerendahan hatinya. Manusia menjadi kuat dan perkasa hanya pada saat ia menyadari keterbatasannya dan kemudian dengan penuh kerendahan hati berlutut memohon campur tangan dari Yang Maha Tak Terbatas.”


“Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup maka pintu yang lain akan terbuka. Tetapi, sering kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup itu sehingga tidak melihat pintu lain yang terbuka untuk kita.”


“Seseorang harus cukup rendah hati untuk mengetahui kesalahannya, cukup bijak untuk mengambil manfaat atas kegagalannya dan cukup berani untuk memperbaiki kesalahannya.”


“Dalam hidup kadang kita lebih banyak mendapatkan apa-apa yang tidak kita inginkan. Tetapi, ketika kita mendapatkan apa yang kita inginkan, akhirnya kita tahu, bahwa apa yang diinginkan kadang tidak membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.”


“Jadikan dirimu bagai pohon yang rindang di mana orang dapat berteduh di bawahnya. Jangan seperti pohon kering tempat sang pungguk melepas rindu dan hanya layak dibuat kayu bakar.”


“Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.”


“Janganlah berputus asa, tetapi kalau Anda sampai berada dalam keadaan putus asa, berjuanglah terus meskipun dalam keadaan putus asa.”


“Dalam masyarakat manusia ada binatang jalang, tetapi dalam masyarakat binatang tidak ada satu pun manusia jalang.”


“Sahabat sejati adalah mereka yang sanggup berada di sisimu ketika kamu memerlukan dukungan walaupun pada saat itu mereka sepatutnya berada di tempat lain yang lebih baik baginya.”


“Setitik dakwah membuat sejuta manusia berpikir tentangnya.”


“Waktu lahir kamu menangis dan orang-orang di sekelilingmu tersenyum. Jalanilah hidupmu sebaik mungkin hingga pada waktu kamu meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis.”


“Tanda-tanda orang yang budiman ialah ia akan merasa gembira jika berbuat kebaikan pada orang lain dan ia akan merasa malu jika menerima kebaikan dari orang lain.”


“Sebaik-baik manusia adalah yang diharapkan kebaikannya dan terlindung dari kejahatannya. Hiduplah seperti lilin yang menerangi orang lain meski mengorbankan dirinya, janganlah hidup seperti duri yang menusukan dirinya tapi menyakiti orang lain.”


“Sahabat yang tidak jujur ibarat dapur yang berdekatan. Jikalau kamu tidak terkena jelaganya, sudah pasti akan terkena asapnya.”


“Tidak ada orang yang paling pandai maupun paling bodoh di dunia ini, karena setiap orang pandai bisa menjadi bodoh dan orang yang bodoh bisa menjadi pandai.”


“Lebih baik tidur dengan perut lapar daripada bangun tidur dengan banyak hutang.”


“Pengumpul harta belum tentu memanfaatkannya dan yang memanfaatkannya belum tentu yang mengumpulkannya.”


“Sesuatu yang baik belum tentu benar. Sesuatu yang benar belum tentu baik. Sesuatu yang bagus belum tentu berguna, dan sesuatu yang berguna belum tentu bagus.”


“Barangsiapa membawa berita tentang orang lain kepadamu, maka dia akan membawa berita tentang dirimu pada orang lain.”


“Emas diuji dengan api, wanita diuji dengan emas dan laki-laki diuji dengan wanita.”


“Mengetahui sesuatu dan memahami segala sesuatu lebih baik daripada mengetahui segala sesuatu, tetapi tidak memahami sesuatu.”


“Sabar adalah jalan keluar bagi orang yang tidak bisa menemukan jalan keluar.”


“Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan suatu yang besar.”


“Orang bijak tidak akan duduk meratapi kegagalannya, tetapi dengan besar hati mencari jalan bagaimana memulihkan kembali kerugian yang dideritanya.”


“Bukti akal pikiran seseorang ialah perbuatannya dan bukti ilmunya adalah ucapannya.”


“Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang dilupakannya. Kita tidak dapat meneruskan hidup dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan di masa lalu.”


“Kita tidak dapat mengetahui apa yang kita miliki sampai kita kehilangan, tetapi kita tidak akan tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.”


0 komentar:

Posting Komentar